Fiqri Farrel Ridhwan UMSIDA
RANGKUMAN PRAKTKUM
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI HNZMU COLLECTION STORE
1.1.Latar Belakang
Perkembangan teknologi internet saat ini
sudah menjadi kebutuhan semua orang yang semakin meningkat. Efek kemajauan
teknologi internet tersebut memberi dampak yang begitu besar pada dunia
perdagangan, perusahaan, perindustrian dan usaha kecil menengah untuk
memanfaatkan perkembangan tersebut oleh karena itu, salah satu ide yang bisa
diterapkan adalah pembuatan web untuk meningkatkan pemasaran produk.
HNZMU
Collection Store merupakan salah satu toko usaha yang bergerak dalam bidang
fashion yang berlokasi di Dusun Larangan, Kec. Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa
Timur. Usaha toko ini sudah berjalan kurang lebih 3 tahun, dan menjual beberapa
macam pakaian seperti: kaos, celana, jaket, dan masih banyak lagi.
HNZMU
Collection Store saat ini melakukan pemasaran dan penjualan melalui Instagram
dan Whatsapp. Dalam HNZMU Collection Store ini belum ada sistem penjualan dan
pemasaran berbasis web untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan yang selama
ini, hanya melakukan pemasaran dan penjualan lewat Instagram dan Whatsapp.
Sehingga koleksi yang tersedia di HNZMU Collection Store sangat terbatas karena
hanya bisa dilihat dalam jumlah terbatas.
Untuk
meningkatkan pemasaran dan penjualan HNZMU Collection Store, maka perlu
dibuatkan suatu sistem berbasis web yang diharapkan lebih efektif untuk
melakukan pemasaran dan penjualan. dimana lewat sistem tersebut, costumer dapat
melihat berbagai koleksi dan stok yang ada di HNZMU Collection Store dan
melakukan transaksi secara online yang tentu saja memudahkan bagi costumer.
1.2.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang
diperoleh dari latar belakang yang telah dijelaskan diatas :
1. Bagaimana cara menyampaikan sistem informasi secara baik dan melakukan transaksi penjualan secara online.
2. Bagaimana melakukan pemasaran dan penjualan secara online yang dapat membantu dalam melakukan pemasaran dan penjualan produk.
1.
1.3.Tujuan
Adaupun tujuan dari latar belakang
ini untuk membangun dan mengimplementasikan sebuah sistem yang berfungsi
sebagai berikut :
1. Mempermudah pihak penjualan dalam mengelolah data.
2. Meningkatkan penjualan produk – produk terhadap konsumen.
2.1 Flowchart
2.1.1. Admin
Disisi Admin :
1.
Masuk ke halaman login
2.
Jika sudah, masukkan username & password
3.
(Jika berhasil login), maka akan masuk ke halaman admin, (Jika gagal
login) maka akan kembali lagi ke menu username dan login.
4.
Jika berhasil login, maka akan masuk ke halaman admin, fungsi halaman
admin ini untuk mengatur input update dan delete barang untuk ditampilkan ke
pembeli.
5.
Menentukan Nama barang, Stok, dan Harga.
6.
Kalau sudah menentukan Nama barang, Stock dan Harga lalu akan muncul
halaman logout. (jika tidak berhasil logout), maka akan kembali ke halaman
admin.
7.
(Jika berhasil logout) Maka proses menentukan Nama barang, Stock, Harga
telah selesai.
Disisi User :
1.
Muncul ke aplikasi (Mulai)
2.
Muncul ke halaman login / register (kalau belum punya akun, harus
register terlebih dahulu)
3.
Ke form register (isi biodata, email, alamat, no hp, dll)
4.
(Jika berhasil daftar) Maka, akan kembali lagi ke form register. (Kalau
belum terdaftar) maka akan kembali lagi ke form register.
5.
Jika sudah berhasil dan sudah memiliki akun, maka login (masukkan nama
pengguna & password)
6.
(Jika berhasil login), maka akan masuk ke halaman produk, fungsi halaman
produk ini untuk menampilkan produk yang ingin dibeli.
7.
Kalau sudah pilih barang, maka akan muncul keranjang (total belanja)
yang sudah dipilih.
8.
Kalau sudah, mau pesan lagi atau tidak (kalau YA, maka akan kembali ke
form edit barang, pilih barang. Kalau tidak, maka aplikasi melakukan transaksi
dan selesai).
2.2. Data Flow Diagram (DFD)
DFD LEVEL 0
Penjelasan :
Konsumen yang belum mempunyai akun akan mendaftar melalui proses
pendaftaran member, data konsumen akan dilaporkan ke pemilik toko.
Ketika konsumen sudah memiliki akun, konsumen melakakukan login dan
konsumen dapat membeli barang yang akan diproses pembelian barang, kemudian
data pembeli akan dikirim ke pemilik toko. Ketika data pembelian telah sampai
ke pemilik toko, konsumen akan mendapatkan nota pembelian.
Penjelasan :
Konsumen menginputkan data kemudian konsumen akan dicek kelengkapan data dari data konsumen, apabila ada yang salah dari data konsumen, data tersebut akan dikembalikan ke konsumen. Jika data konsumen benar akan disimpan di database anggota. Kemudian data konsumen di cek untuk laporan ke pemilik toko.
2.3. ERD Diagram
Penjelasan :
Di dalam pembeli membutuhkan username, password, id_pembeli, nama, dan
no.hp kemudian dapat melakukan order, sebelum melakukan order, pembeli
memerlukan products yang sudah disupply oleh admin. Ketika sudah mengambil
products dari admin, pembeli melakukan pembayaran.
2.4. UML (Unified Modelling Language)
Use Case Diagram
Admin
Penjelasan :
Di diagram ini kita dapat melihat apa apa saja yang dapat dilakukan oleh
admin dan member. Admin dapat melihat pemesanan, products, kategori products
dan merek products sedangkan member dapat melihat halaman utama pada website,
total transaksi, tambah barang ke keranjang dan detail products.
2.5. Class Diagram
Penjelasan :
Dalam tabel pembeli terdapat id_pembeli yang disambungkan ke order agar
dapat mempermudah melakukan pembayaran, karena apabila id_pembeli menggunakan
nama, akan sulit melakukan pembayaran karena menjaga adanya nama yang sama.
Sequence diagram aplikasi
pada admin
Penjelasan :
Admin harus melalui login dan disaat login berhasil akan ada halaman admin jika admin ingin menambahkan produk maka menuju ke tambah produk kemudian admin mengupload produk yang telah ditambahkan.
Sequence diagram aplikasi pada User
Penjelasan :
User harus melalui login dan disaat login gagal maka akan kembali ke menu login, akan tetapi jika login berhasil akan menuju ke halaman pilih produk. Setelah produck dipesan, akan melakukan pembayaran, bisa dengan credit atau tunai, setelah itu menunggu kiriman barang datang.
3.1. User Interface
Halaman Tabel Login
Penjelasan :
menampilkan tabel login. Fungsi ini untuk customer sebelum membeli
produk.
Halaman Tabel Register
Penjelasan :
menampilkan tabel Register. Fungsi ini
untuk customer mendaftar terlebih dahulu, sebelum masuk ke table login.
Halaman Tabel Login Admin
Penjelasan :
menampilkan tabel login admin. Fungsi ini untuk admin bisa melakukan perubahan/mengolah produk yang ada dalam halaman produk tersebut.
Halaman Menu Produk
Halaman New Produk
Penjelasan :
Menenampilkan New Produk, agar customer dapat melihat produk-produk baru.
Halaman Add To Cart
Penjelasan :
Menampilkan produk-produk yang sedang dijual dari menu dan apabila diklik ke tombol "ADD TO CART" otomatis barang akan masuk ke "Your Cart/Keranjang Belajang
Halaman Edit Keranjang
Penjelasan :
Menampilkan barang yang telah ditambahkan pada "Add To Card.
Komentar
Posting Komentar