RANGKUMAN PRAKTIKUM PBO

https://fst.umsida.ac.id/

RANGKUMAN
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
(PBO)

PENDAHULUAN
Pada pokok bahasan ini akan dibahas mengenai threads. Setelah mempelajari bab ini diharapkan mahasiswa mampu :
a.       Mahasiswa dapat membuat threads dengan menggunakan pemrograman java
b.      Mahasiswa dapat menjelaskan kegunaan threads
c.       Memahami perbedaan antara kode program java yang memanfaatkan Exception Handling dan yang tidak memanfaatkan.
d.      Mahasiswa mampu mengimplementasikan kata kunci try, catch, dan throw dan throws.
e.       Mahasiswa memahami dan menguasai pembuatan Java GUI
f.       Mahasiswa memahami konsep dasar pembuatan Java GUI menggunakan Swing
g.      Mahasiswa memahami komponen dasar user interface dengan Swing
                                            
PENYAJIAN (TUTORIAL)
Property unik dari java adalah bahwa java memberi support adanya threads. Threads memperbolehkan kita melakukan banyak hal pada waktu yang bersamaan. Threads adalah komponen java yang memungkinkan kita untuk membuat program dalam java selalu menggunakan paling tidak satu thread
·         Mengembangkan dari class Thread (extending class thread)
·         Mengimplementasikan Runnable interface

Ekspesi adalah  mekanisme yang memungkinkan program untuk menangkap kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan penanganan khusus. Eksepsi dapat berupa kesalahan yang terjadi dalam program pada saat run time.

Mengembangkan class Thread
Dengan menggunakan extends Thread, mekanisme Threads dapat diaplikasikan dengan membuat fungsi run ( )
Untuk melihat concurrency (multitasking) pada program tersebut tambahkan method sleep ( ) untuk actual Thread (currect Thread). Method sleep ( ) hanya dapat dilakukan dengan menangkap sinyal
Contoh selanjutnya adalah mendemonstrasikan animasi yang dilakukan dengan menjalankan Thread. Tugas Thread adalah melakukan repaint ( ) pada obyek. Setelah repaint ( ) dilakukan, Thread beristirahat untuk beberapa detik dan untuk kemudian melakukan repaint ( ) kembali. Obyek Thread kemudian akan menjalankan akan menjalakan method run ( ).
Mengimplementasikan Runnable interface
Pada contoh diatas Thread digunakan dengan mengembangkan class Thread, yang mana berarti bahwa Subclass Thread hanya dapat mewarisi sifat-sifat dari Thread. Pengikatan Class ini dapat dihindari dengan menggunakan konsep interface. Dengan mengimplementasikan Runnable interface. Interface Runnable ini hanya berisi satu method yang harus diimplementasikan yaitu run ( )
Konstruktor Thread adalah :
      Thread (Runnable Thread Object)
Atau
      Thread (Runnable Thread Object, String nama Thread)
Thread Object pada contoh diatas adalah this, yang merupakan obyek itu sendiri yang mengimplementasikan Runnable.
      Method is Active ( ) akan memberikan nilai true jika Thread actual aktif, dan false jika tidak aktif.

Throw
Throw digunakan secara eksplisit untuk membuang sebuah eksepsi. Contoh berikutnya, TestThrow mendefinisikan Obyek Eksepsi “NullPointerException” pada sebuah variabel t. Dengan instruksi throw, program Eksepsi untuk kemudian ditangkap oleh instruksi catch.
Throws
Eksepsi selalu ditangkap dengan catch pada blok dimana eksepsi tersebut dilempar. Tanpa catch, program tidak akan dikompilasi. Program dibawah ini menghilangkan try dan catch pada subroutine demo ( ), namun dengan menggunakan tambahan kata kunci throws Exception.

Graphical User Interface
Graphical User Interface merupakan antar muka grafis yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program aplikasi. Salah satu komponen dalam bahasa pemrograman java untuk membangun GUI adalah Swing. Komponen ini didefinisikan di dalam paket javax,swing. Swing diturunkan dari Abstract Windowing Toolkit dalam paket java.awt. Hirarki dari komponen Swing adalah :
Java.swing.Jcomponent => java.awt.Container => java.awt.Component => java.lang.Object. Object Jcomponent adalah superclass dari semua komponen Swing. Sebagian besar fungsionalitas komponen diturunkan dari superclass ini. Beberapa komponen utama dalam GUI adalah:
1.   Containers : merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain didalamnya.
2.   Canvas : merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat progarm grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran,segitiga,dll
Komponen-komponen Dasar User Interface dengan Swing
Berikut adalah beberapa komponen dasar antarmuka pengguna (user interface) yang disediakan oleh Swing :
1.   Top level containers: adalah container dasar untuk meletakkan komponen-komponen lain. Contohnya adalah JFrame,Jdialog,dll
2.   Intermediate level containers : merupakan kontainer perantara. Umumnya digunakan hanya untuk meletakkan atau mengelompokkan komponen-komponen yang digunakan, baik itu containeratau berupa atomic component. Contoh dari Intermediate level container adalah Jpanel (panel).
3.   Atomic component : merupakan komponen yang memiliki fungsi khusus. Umumnya pengguna langsung berinteraksi dengan komponen ini. Contohnya JButton (tombol),JLabel (label),JtextField,JtextArea (area untuk menulis teks),dll
Method ini berfungsi untuk mengatur apa yang akan dikakukan oleh program ketika tombol close di klik. Parameter method tersebut diantaranya adalah:
1.   JFrame.DO_NOTHING_ON_CLOSE : tidak ada satu aktivitas pun yang dilakukan secara otomatis apabila frame ditutup.
2.   JFrame.HIDE_ON_CLOSE : frame hanya di sembunyikan, namun secara fisik frame masih ada dimemori sehingga dapat dimunculkan kembali. Merupakan aktivitas default.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Timas Uji Coba FIFA 2022

RANGKUMAN BASIS DATA

Rangkuman Praktikum Jaringan Komputer