RANGKUMAN PRAKTIKUM PBO
https://fst.umsida.ac.id/
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
(PBO)
PENDAHULUAN
Pada pokok bahasan ini akan dibahas mengenai threads. Setelah
mempelajari bab ini diharapkan mahasiswa mampu :
a.
Mahasiswa
dapat membuat threads dengan menggunakan pemrograman java
b.
Mahasiswa
dapat menjelaskan kegunaan threads
c.
Memahami
perbedaan antara kode program java yang memanfaatkan Exception Handling dan
yang tidak memanfaatkan.
d.
Mahasiswa
mampu mengimplementasikan kata kunci try, catch, dan throw dan throws.
e.
Mahasiswa
memahami dan menguasai pembuatan Java GUI
f.
Mahasiswa
memahami konsep dasar pembuatan Java GUI menggunakan Swing
g.
Mahasiswa
memahami komponen dasar user interface dengan Swing
PENYAJIAN (TUTORIAL)
Property unik dari java adalah bahwa java memberi support adanya
threads. Threads memperbolehkan kita melakukan banyak hal pada waktu yang
bersamaan. Threads adalah komponen java yang memungkinkan kita untuk membuat
program dalam java selalu menggunakan paling tidak satu thread
·
Mengembangkan
dari class Thread (extending class thread)
·
Mengimplementasikan
Runnable interface
Ekspesi adalah mekanisme yang
memungkinkan program untuk menangkap kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan
penanganan khusus. Eksepsi dapat berupa kesalahan yang terjadi dalam program
pada saat run time.
Mengembangkan class Thread
Dengan menggunakan
extends Thread, mekanisme Threads dapat diaplikasikan dengan membuat fungsi run
( )
Untuk melihat
concurrency (multitasking) pada program tersebut tambahkan method sleep ( )
untuk actual Thread (currect Thread). Method sleep ( ) hanya dapat dilakukan
dengan menangkap sinyal
Contoh selanjutnya
adalah mendemonstrasikan animasi yang dilakukan dengan menjalankan Thread.
Tugas Thread adalah melakukan repaint ( ) pada obyek. Setelah repaint ( )
dilakukan, Thread beristirahat untuk beberapa detik dan untuk kemudian
melakukan repaint ( ) kembali. Obyek Thread kemudian akan menjalankan akan
menjalakan method run ( ).
Mengimplementasikan Runnable interface
Pada contoh diatas
Thread digunakan dengan mengembangkan class Thread, yang mana berarti bahwa
Subclass Thread hanya dapat mewarisi sifat-sifat dari Thread. Pengikatan Class
ini dapat dihindari dengan menggunakan konsep interface. Dengan
mengimplementasikan Runnable interface. Interface Runnable ini hanya berisi
satu method yang harus diimplementasikan yaitu run ( )
Konstruktor Thread
adalah :
Thread (Runnable Thread Object)
Atau
Thread (Runnable Thread Object, String
nama Thread)
Thread Object pada
contoh diatas adalah this, yang
merupakan obyek itu sendiri yang mengimplementasikan Runnable.
Method is Active ( ) akan memberikan nilai
true jika Thread actual aktif, dan false jika tidak aktif.
Throw
Throw digunakan secara eksplisit untuk
membuang sebuah eksepsi. Contoh berikutnya, TestThrow mendefinisikan Obyek
Eksepsi “NullPointerException” pada sebuah variabel t. Dengan instruksi throw,
program Eksepsi untuk kemudian ditangkap oleh instruksi catch.
Throws
Eksepsi selalu ditangkap dengan catch pada blok dimana eksepsi tersebut
dilempar. Tanpa catch, program tidak akan dikompilasi. Program dibawah ini
menghilangkan try dan catch pada subroutine demo ( ), namun
dengan menggunakan tambahan kata kunci throws
Exception.
Graphical
User Interface
Graphical User Interface merupakan antar muka
grafis yang memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan program aplikasi.
Salah satu komponen dalam bahasa pemrograman java untuk membangun GUI adalah
Swing. Komponen ini didefinisikan di dalam paket javax,swing. Swing diturunkan
dari Abstract Windowing Toolkit dalam paket java.awt. Hirarki dari komponen
Swing adalah :
Java.swing.Jcomponent =>
java.awt.Container => java.awt.Component => java.lang.Object. Object
Jcomponent adalah superclass dari semua komponen Swing. Sebagian besar
fungsionalitas komponen diturunkan dari superclass ini. Beberapa komponen utama
dalam GUI adalah:
1. Containers
: merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain
didalamnya.
2. Canvas
: merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk
membuat progarm grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk
seperti lingkaran,segitiga,dll
Komponen-komponen
Dasar User Interface dengan Swing
Berikut adalah beberapa komponen dasar
antarmuka pengguna (user interface) yang disediakan oleh Swing :
1. Top
level containers: adalah container dasar untuk meletakkan komponen-komponen
lain. Contohnya adalah JFrame,Jdialog,dll
2. Intermediate
level containers : merupakan kontainer perantara. Umumnya digunakan hanya untuk
meletakkan atau mengelompokkan komponen-komponen yang digunakan, baik itu
containeratau berupa atomic component. Contoh dari Intermediate level container
adalah Jpanel (panel).
3. Atomic
component : merupakan komponen yang memiliki fungsi khusus. Umumnya pengguna
langsung berinteraksi dengan komponen ini. Contohnya JButton (tombol),JLabel
(label),JtextField,JtextArea (area untuk menulis teks),dll
Method ini berfungsi untuk mengatur apa yang
akan dikakukan oleh program ketika tombol close di klik. Parameter method
tersebut diantaranya adalah:
1. JFrame.DO_NOTHING_ON_CLOSE
: tidak ada satu aktivitas pun yang dilakukan secara otomatis apabila frame
ditutup.
2. JFrame.HIDE_ON_CLOSE
: frame hanya di sembunyikan, namun secara fisik frame masih ada dimemori
sehingga dapat dimunculkan kembali. Merupakan aktivitas default.
Komentar
Posting Komentar